Potensi Wisata Curug Luhur

Bookmark and Share
Surade, sebuah  wilayah bagian selatan di Kabupaten Sukabumi ternyata memiliki potensi alam untuk dapat dijadikan area wisata berupa Curug Luhur. Curug dalam bahasa sunda berarti air terjun.
Curug Luhur memiliki tiga lantai terjunan air, dengan kondisi alam yang masih benar-benar asri. Sayangnya belum dikelola dengan baik oleh pemerintah kelurahan dan kecamatan Surade.

Ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya yang memang saat ini berprofesi sebagai Fasilitator di Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) yang sekarang sedang melakukan kegiatan Penataan Lingkungan Permukiman BerbasisKomunitas (PLPBK). P2KP sendiri telah dirintis di Kelurahan Surade sejak tahun 2004, dan sampai dengan sekarang masih berjalan dengan baik terutama dalam hal pengelolaan dana ekonomi bergulir bagi warga miskinya. Kelurahan Surade sendiri memiliki prestasi dalam pengelolaan dana ekonomi bergulir dengan tingkat pengembalian mencapai 100%.
Itulah kenapa Kelurahan Surade mendapatkan PLPBK yang merupakan reward bagi kelurahan yang memiliki prestasi dalam pengelolaan dana ekonomi bergulir, dengan diberikan dana stimulan utk PLPBK ini sebesar 1 milyar rupiah utk satu kelurahan.
Hari ini saya bersama dengan Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP) bisa melihat secara langsung keindahan alam Curug Luhur, padahaltadinya cuma ingin survey rute untuk kegiatan jalan santai yang Insya Allah akan kami laksanakan minggu depat tanggal 27 Juni 2010, dalam rangka sosialisasi massal PLPBK.

Inilah salah satu kenikmatan menjalani aktifitas di Pemberdayaan Masyarakat, selain bisa bersosialisasi, tapi juga bisa menikmati kondisi alam pedesaan yang asri dan hijau dengan gratis. Meskipun harus merelakan waktu libur yang biasanya bagi orang lain digunakan utk berkumpul dengan keluarga.

{ 9 komentar... Views All / Send Comment! }

Sohra Rusdi mengatakan...

rasanya pingin mandi kang , seger banget kelihatannya

Alwi mengatakan...

Wow ... asri banget pemandangannya masih asli ... terasa segar kalau membayangkan ada di sana ....

Lanjutkan Pak perjuangannya insya Allah sukses dan berkah .... walau harus mengurangi jatah waktu liburnya, saya juga begitu Sabtu Minggu gak pernah libur untuk terjun ke tengah2 masyarakat ... kadang malah sampai malam .... alhamdulillah gak diprotes sama keluarga ....

Alwi mengatakan...

Kok gak kelihatan link komentatornya ... warnanya sama dg warna background

Anonim mengatakan...

@Kang Munir : hehehe.. iya Kang.. seger banget lho...

@Mas Alwi : makasih mas.. dan dah dirubah sekarang warna link komentatornya..

TRIMATRA mengatakan...

saya sangat percaya potensi keindahan alam negeri ini tak terbatas banyaknya, sayang belum banyak yang bisa mensukurinya

ps: saya ngajakin kolaborasi posting, jika sempat berpartisipasi yaa..? (reduksi sosialitas)

munir ardi mengatakan...

saya mau follow twitter mas hendri tapi nggak tahu caranya kang

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

coba dikasih gambar yang lebih banyak mas :)

Amung mengatakan...

@Trimatra : Oke sob makasih atas kunjunganya & tanggal satu juli saya siap berpartisipasi.. semoga gak lupa
@Kang Munir : coba aja masuk ke akun twitter Kang Munir, trus liat siapa yg follow, trus follow balik aja, Kang..
@KakVe (Sejenak Santai): dah aku tambahin foto-fotonya, sob.. semoga tergelitik utk mengarahkan ereksi kameranya ke sini hehe

Surade Sukabumi mengatakan...

Mustinya bisa jadi wisata alam yg kalo dikelola dg baik pasti bermanfaat bgi masyarakat surade...

Posting Komentar

Ada yang ingin disampaikan? Atau sekedar meninggalkan Jejak? Silahkan torehkan kalimat Anda di sini.